Syarat dan Ketentuan

SYARAT DAN KETENTUAN APLIKASI TRUEMONEY

(TrueMoney Wallet Indonesia)

 

 

Syarat dan Ketentuan ini berlaku untuk semua para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang Layanannya disediakan oleh PT Witami Tunai Mandiri ("TRUEMONEY INDONESIA", atau "Kami") sehubungan dengan penggunaan dan akses Aplikasi TRUEMONEY.

 

  1. DEFINISI

 

1. TRUEMONEY INDONESIA adalah operator uang elektronik berbasis server yang didirikan dan dikelola oleh PT. Witami Tunai Mandiri berdomisili di Millenium Centennial Center, Lantai 36. Jl. Jend Sudirman Kav 25, Kuningan-Setiabudi, Jakarta Selatan, 12920, yang telah diberi izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, yaitu:

 

a. Penerbit Uang Elektronik sesuai dengan Surat No. 16/129 / DKSP tertanggal 18 Juli 2014 sebagaimana diperpanjang dengan Surat No. 20/259/DKSP/Srt/B tertanggal 12 Juli 2018 yang dikeluarkan oleh Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran atau “DKSP”; dan

 

b. Penyelenggara Transfer Dana sesuai dengan Sertifikat No. 16/152/DKSP/58 tertanggal 18 Juli 2014.

 

2. ID TRUEMONEY adalah identitas para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY untuk tujuan mengakses Layanan, dan aplikasi seluler.

3. KYC adalah Prinsip Pengenalan Nasabah (Know Your Customer) sebagai rangkaian tahapan lebih lanjut dari Customer Due Diligence, KYC merupakan tindakan untuk melakukan proses identifikasi, verifikasi, dan pemantauan calon Pengguna yang dilakukan oleh TRUEMONEY INDONESIA sebelum calon Pengguna disetujui oleh TRUEMONEY INDONESIA sebagai pengguna Layanan Aplikasi TRUEMONEY.

4. Akun Dormant adalah akun terdaftar Agen TRUEMONEY dan Member TRUEMONEY yang dalam jangka waktu tertentu tidak melaksanakan Transaksi.

5. Layanan terdiri dari layanan Uang Elektronik dan Transfer Dana yang memungkinkan Pengguna memiliki saldo batas di Aplikasi TRUEMONEY.

6. Agen TRUEMONEY adalah individu atau entitas tertentu yang bermitra dengan TRUEMONEY INDONESIA untuk mendistribusikan Layanan kepada Anggota dan non-Anggota, melalui aplikasi smartphone berbasis Android.

7. Pedagang adalah toko ritel atau pihak ketiga berdasarkan perjanjian dengan TRUEMONEY INDONESIA yang menawarkan Produk dan Layanan kepada para Pengguna.

8. Members atau (Para) Anggota adalah Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang kepadanya telah atau belum dilakukan CDD atau KYC.

9. Pengguna adalah individu yang menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY.

10. (Para) Pengguna Tidak Terdaftar adalah para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang kepadanya proses CDD atau KYC belum dilakukan sehingga manfaatnya harus dibedakan dari Para Pengguna Terdaftar sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yang berlaku.

11. (Para) Pengguna Terdaftar adalah para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang kepadanya proses CDD atau KYC dilakukan yang akan diberikan manfaat sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yang berlaku dan jumlah total transaksi maksimum per bulan (secara akumulatif) adalah Rp. 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah).

12. Kanal Mitra adalah [            pihak ketiga yang bekerjasama dengan TRUEMONEY INDONESIA dalam menyediakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY kepada Agen TRUEMONEY dan Anggota TRUEMONEY.

13. Kata Sandi adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat oleh para Pengguna untuk mengakses Aplikasi TRUEMONEY dan dapat diubah oleh para Pengguna.

14. PIN (Nomor Identifikasi Pribadi) TRUEMONEY adalah informasi rahasia dan hanya diketahui oleh para Pengguna dan harus dimasukkan/diinput oleh para Pengguna tersebut untuk penggunaan Layanan Aplikasi TRUEMONEY. ID TRUEMONEY, Kata Sandi dan PIN digunakan untuk membuktikan bahwa para Pengguna berhak untuk Layanan Aplikasi TRUEMONEY.

15. OTP (One Time Password) adalah kode acak yang dikirim melalui SMS ke masing-masing para Pengguna.

16. Produk dan Layanan adalah barang dan/atau jasa yang diiklankan atau ditawarkan di Aplikasi TRUEMONEY dan/atau Pedagang.

17. Transaksi adalah semua kegiatan keuangan yang melibatkan saldo Aplikasi TRUEMONEY para Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada: debit, kredit, transfer, top-up, kas keluar, pembelian Produk dan Layanan yang tersedia di Aplikasi TRUEMONEY dan/atau aplikasi Pedagang yang dilakukan secara online atau offline.

18. Data Pribadi berarti informasi yang darinya seseorang dapat diidentifikasi secara independen atau melalui kombinasi informasi lain yang kami miliki (mis. secara langsung atau tidak langsung melalui sistem kami).

II. PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Calon Pengguna yang mendaftar melalui Aplikasi TRUEMONEY akan mengisi Data Pribadi termasuk tetapi tidak terbatas pada Nama, Tanggal Lahir, Nomor Telepon/Nomor Ponsel, Email, Nomor Kartu Identitas (atau Nomor Induk Kependudukan - sebagaimana berlaku bagi warga negara Indonesia), dan harus mengunggah hasil pemindaian identitasnya yang sah. Calon Pengguna yang mendaftar melalui Aplikasi TRUEMONEY akan melakukan proses KYC untuk diklasifikasikan sebagai Anggota Terdaftar, sedangkan para Pengguna yang belum dilakukan proses KYC akan diklasifikasikan sebagai Pengguna Tidak Terdaftar.
  2. Para Pengguna kemudian perlu membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan TRUEMONEY INDONESIA ini termasuk Kebijakan Privasi untuk menggunakan Layanan di Aplikasi TRUEMONEY.
  3. Para Pengguna kemudian dapat menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY untuk melakukan Transaksi untuk Produk dan Layanan yang disediakan dan melakukan Transaksi di situs web pedagang atau aplikasi TRUEMONEY.

 

III. SYARAT DAN KETENTUAN UMUM

  1. Ketika pertama kali menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, para Pengguna harus mendaftarkan akun dan masuk menggunakan PIN yang disediakan oleh TRUEMONEY INDONESIA melalui SMS     . Para Pengguna diminta untuk mengubah PIN saat pertama kali mereka masuk, dengan PIN baru sesuai dengan keinginan Pengguna.
  2. Para Pengguna dengan ini menyetujui dan menjamin bahwa Data Pribadi dan semua data untuk setiap Transaksi adalah akurat, benar, dan lengkap. TRUEMONEY INDONESIA tidak akan bertanggung jawab atas dampak yang mungkin timbul karena kelalaian, ketidaklengkapan, ketidakjelasan, atau ketidaktepatan pesanan/data dari Pengguna.
  3. Setiap Transaksi yang diperintahkan oleh para Pengguna di Aplikasi TRUEMONEY akan dieksekusi dan tidak dapat dibatalkan setelah Pengguna tersebut memberikan PIN untuk verifikasi.
  4. Setiap perintah yang disetujui oleh Pengguna yang disimpan di pusat data TRUEMONEY INDONESIA adalah data yang valid yang diterima sebagai bukti dari Pengguna yang relevan akan menjadi perintah yang sah untuk Aplikasi TRUEMONEY untuk melakukan Transaksi.
  5. Aplikasi TRUEMONEY menerima dan mengeksekusi setiap pesanan dari Pengguna sebagai pesanan yang sah berdasarkan ketentuan PIN dan untuk itu TRUEMONEY INDONESIA tidak memiliki kewajiban untuk memeriksa atau menyelidiki keaslian atau keabsahan atau otoritas ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY Pengguna terkait atau untuk menilai atau membuktikan keakuratan atau kelengkapan pesanan atau perintah Transaksi yang dimaksudkan, dan dengan demikian, pesanan tersebut mengikat secara hukum pada Pengguna secara sesuai.
  6. TRUEMONEY INDONESIA memiliki hak untuk tidak melakukan pesanan dari Pengguna, jika:
    1. Saldo akun Pengguna di Aplikasi TRUEMONEY tidak cukup untuk melakukan Transaksi.
    2. TRUEMONEY INDONESIA mengetahui atau memiliki alasan untuk mencurigai bahwa penipuan atau kejahatan telah atau akan dilakukan.
    3. Para Pengguna belum menyelesaikan proses KYC - karenanya, para Pengguna tersebut tidak dapat menggunakan fitur tertentu seperti transfer peer to peer (mengirim uang ke sesama Pengguna Aplikasi TRUEMONEY), menguangkan, dan mentransfer ke rekening bank.

7. Terhadap setiap kemungkinan terjadinya perbedaan data pada transaksi apapun yang dilakukan oleh Pengguna di dalam Layanan Aplikasi TRUEMONEY maupun pada Kanal Mitra, Rekonsiliasi data akan senantiasa merujuk kepada data yang dimiliki oleh TRUEMONEY INDONESIA.

8. Sebagai bukti bahwa Transaksi yang dipesan oleh Pengguna telah berhasil dilakukan oleh Aplikasi TRUEMONEY, Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan tentang Transaksi melalui dasbor pengguna di Aplikasi TRUEMONEY Pengguna.

9. Pengguna setuju dan mengakui bahwa: dengan melakukan Transaksi melalui Aplikasi TRUEMONEY, semua pesanan Pengguna yang diterima oleh Aplikasi TRUEMONEY akan diperlakukan sebagai bukti yang sah meskipun tidak ada dokumen tertulis yang dibuat dan/atau diterbitkan dokumen yang ditandatangani. Bukti pesanan dari Pengguna ke Aplikasi TRUEMONEY dikirim secara elektronik dan disimpan di pusat data TRUEMONEY INDONESIA dan/atau disimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di TRUEMONEY INDONESIA, baik dalam bentuk dokumen tertulis, catatan, cetakan komputer dan/atau salinan, yang akan menjadi bukti yang sah sehingga keabsahan, kebenaran atau keasliannya tidak akan ditolak.

10. Sehubungan dengan Pengguna TRUEMONEY Tidak Terdaftar, saldo batas akun maksimum adalah Rp. 2.000.000 (dua juta Rupiah); Layanan yang diperoleh hanya dalam bentuk top-up dan pembayaran;

11. Sementara sehubungan dengan Pengguna TRUEMONEY Terdaftar, saldo batas akun adalah sebesar maksimal Rp. 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah); Layanan yang diperoleh adalah dalam bentuk top-up, pencairan, saldo transfer ke sesama Pengguna dan ke rekening bank, serta pembayaran.

12. Pengguna tidak akan menerima bunga apa pun atas penempatan dana di akun Aplikasi TRUEMONEY.

13. Dana Pengguna yang ditempatkan di Aplikasi TRUEMONEY tidak dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

14. Pengguna dapat menghubungi dan melaporkan ke nomor telepon Layanan Pelanggan TRUEMONEY INDONESIA (08041000100) jika kehilangan kartu sim atau perangkat ponsel cerdas dengan nomor yang terdaftar di Aplikasi TRUEMONEY akan diblokir. Laporan tersebut perlu mencantumkan nomor kartu identitas/SIM yang terdaftar pada sistem TRUEMONEY INDONESIA.

15. Pengguna diharuskan untuk sering memperbarui jika ada perubahan pada Data Pribadi dengan menghubungi nomor telepon Layanan Pelanggan TRUEMONEY (08041000100).

16. TRUEMONEY INDONESIA hanya berkewajiban menanggung kerugian langsung yang diderita oleh Pengguna selama hal itu dapat dibuktikan karena kesalahan TRUEMONEY INDONESIA, dengan jumlah maksimum dari jumlah nominal dari transaksi yang relevan atau yang disengketakan.    

 

IV. ID, KATA SANDI DAN PIN TRUEMONEY

  1. ID dan PIN TRUEMONEY adalah kode rahasia dan wewenang untuk menggunakannya terletak pada Pengguna. ID TRUEMONEY bersifat permanen dan tidak dapat diubah.
  2. Pengguna diharuskan untuk mengamankan ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY sebagai informasi rahasia dan dengan demikian diminta untuk tidak membagikannya kepada siapa pun. Hati-hati saat menggunakan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY sehingga tidak terlihat dan diketahui orang lain.
  3. Pengguna disarankan untuk mengubah kata sandi dan PIN mereka secara berkala.
  4. Jika Pengguna mengetahui atau mencurigai ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY untuk Aplikasi TRUEMONEY telah ditemukan oleh siapa pun yang tidak berwenang, maka Pengguna berkewajiban untuk segera membuat perubahan pada PIN mereka.
  5. Semua pesanan dan Transaksi berdasarkan penggunaan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY yang tidak sah oleh pihak yang tidak berwenang adalah tanggung jawab Pengguna yang relevan.
  6. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa penggunaan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY dalam setiap pesanan untuk transaksi Aplikasi TRUEMONEY juga merupakan otorisasi dari Pengguna untuk Aplikasi TRUEMONEY untuk melakukan Transaksi, tetapi tidak terbatas pada mendebit saldo akun Pengguna yang masih tersedia di Aplikasi TRUEMONEY dalam konteks melaksanakan Transaksi yang dipesan.
  7. Semua penyalahgunaan ID, Kata Sandi atau PIN TRUEMONEY adalah tanggung jawab Pengguna. Pengguna dengan ini membebaskan TRUEMONEY INDONESIA dari setiap dan semua klaim yang mungkin timbul, baik dari pihak ketiga maupun Pengguna sendiri sebagai akibat dari penyalahgunaan ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY.

 

V. PENGHENTIAN AKSES KE LAYANAN

1. Akses ke Layanan Aplikasi TRUEMONEY akan dihentikan oleh TRUEMONEY INDONESIA jika:

a. Pengguna meminta untuk berhenti mengakses Layanan Aplikasi TRUEMONEY secara permanen, yang antara lain disebabkan oleh:

  1. Para Pengguna lupa tentang akses ke ID/ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY
  2. Para Pengguna menutup semua akun yang dapat diakses melalui Layanan Aplikasi TRUEMONEY
  3. Akun Aplikasi TRUEMONEY dimasukkan dalam investigasi penipuan.

 

b. Bukti penerimaan laporan tertulis dari Pengguna terkait dugaan atau diketahuinya ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY Pengguna oleh pihak lain yang tidak berwenang.

c. TRUEMONEY INDONESIA menerapkan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

2. Dalam hal Anggota ingin melaporkan kehilangan saldo, permintaan untuk pemblokiran dan pengaktifan kembali karena penghentian akses ke Layanan yang disebutkan di atas, Pengguna harus menghubungi Layanan Pelanggan TRUEMONEY melalui nomor telepon Layanan Pelanggan atau alamat email sebagaimana tertulis pada menu 'Kontak' di Aplikasi TRUEMONEY.

 

VI. BATASAN TANGGUNG JAWAB

Pengguna akan membebaskan TRUEMONEY INDONESIA dari klaim apa pun, jika TRUEMONEY INDONESIA tidak dapat melakukan pesanan untuk Transaksi dari Pengguna, baik sebagian atau seluruhnya, karena peristiwa atau penyebab di luar kendali Aplikasi TRUEMONEY termasuk tetapi tidak terbatas pada gangguan dengan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen yang dapat mengganggu Layanan Aplikasi TRUEMONEY, atau sistem komputer, para Pengguna atau Penyedia Layanan Internet, bencana alam, perang, kerusuhan, peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan, dan peristiwa atau sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan TRUEMONEY INDONESIA.

 

VII. AKUN NON-AKTIF (DORMANT) DAN BIAYA AKUN DORMANT

1. Ketentuan akun non aktif (selanjutnya disebut “Akun Dormant”) berlaku bagi Agen TRUEMONEY dan Member TRUEMONEY.

2. Agen TRUEMONEY dianggap tidak aktif atau Dormant dalam hal tidak ada Transaksi selama 3             (tiga) bulan berturut-turut. Agen TRUEMONEY memberi wewenang kepada TRUEMONEY INDONESIA untuk memotong saldo Agen dan membebankan Biaya Akun Dormant dengan pemberitahuan 15 (lima belas) hari sebelumnya          (selanjutnya disebut sebagai "Biaya Akun Dormant"). Akun Agen Dormant dengan ini mengesampingkan Pasal 1813, 1814 dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan memberikan kepada TRUEMONEY INDONESIA hak dan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali untuk membebankan Biaya Akun Dormant dengan pemberitahuan 15 (lima belas) hari sebelumnya dengan ketentuan sebagai berikut\. 

  1. Biaya Akun Dormant sebesar Rp.50,000 (lima puluh. ribu Rupiah) akan dikenakan setiap bulan untuk Akun Dormant yang memenuhi kriteria tersebut di atas. Biaya tersebut akan dikenakan kepada Akun Dormant yang tidak melakukan Transaksi selama 3 (tiga) bulan berturut-turut kebelakang (retroaktif). TRUEMONEY INDONESIA akan memotong saldo Akun Dormant yang tersisa apabila kurang dari Rp. 50.000 (lima puluh ribu Rupiah).  
  2. Selanjutnya, jika saldo Akun Agen Dormant berjumlah di bawah Biaya Akun Dormant yang berlaku dimana TRUEMONEY INDONESIA tidak dapat lagi mengenakan Biaya Akun Dormant sesuai dengan ketentuan a di atas, Agen Truemoney akan tunduk pada pemberitahuan sebelumnya, yang mana TRUEMONEY INDONESIA berhak dan menerima kuasa yang tidak dapat dibatalkan untuk menutup akun-akun secara permanen apabila saldo kosong atau Rp. 0 (nol Rupiah) serta membebankan Biaya Akun Dormant sejumlah berapapun saldo Akun Dormant yang tersisa.
  3. Jika kondisi tidak aktif berlanjut selama 12 bulan secara berturut - turut (retroaktif) terhitung [sejak transaksi terakhir], sejak diberlakukan nya biaya maintenance sebagaimana yang disebutkan diatas. Maka sesuai dengan [Syarat & Ketentuan] yang berlaku TRUEMONEY INDONESIA akan memotong seluruh saldo akun tidak aktif yang tersisa secara bertahap mulai dari [1 Januari hingga 31 Desember 2024] dan akun agen ditutup secara permanen berlaku per [31 Dsember 2024].
  4. Jika Agen Dormant kembali melakukan Transaksi di akunnya, maka status akun tersebut menjadi aktif serta tidak lagi dormant dan tidak akan dikenakan Biaya Akun Dormant di bulan berikutnya sampai Agen kembali memasuki periode Akun Dormant.

Untuk keperluan ketentuan ini, "Transaksi" berarti penyelesaian semua aktivitas keuangan yang melibatkan saldo Aplikasi TRUEMONEY Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada: debit, kredit, transfer, top-up, cash out, pembelian Produk dan Layanan yang tersedia di TRUEMONEY INDONESIA platform dan situs atau aplikasi pedagang dilakukan secara online atau offline, seperti yang Anda instruksikan.

3. Member dianggap tidak aktif atau Dormant sama halnya seperti akun agen diatas dalam hal tidak ada Transaksi selama 3 (tiga) bulan berturut-turut. Untuk akun member tidak dikenakan biaya dan akan di non-aktifkan jika tidak ada pergerakan transaksi atau saldo akhir Rp. 0. Jika Member Dormant kembali melakukan Transaksi pada akunnya, maka status Akun tersebut dapat diaktifkan Kembali dengan menghubungi Customer Care Truemoney.   

4. Sehubungan dengan penutupan Akun Dormant oleh TRUEMONEY INDONESIA, Agen TRUEMONEY, dan Member TRUEMONEY dengan ini setuju untuk mengesampingkan penerapan Pasal 1266 dan 1267 KUHPerdata, kecuali jika Agen TRUEMONEY atau Member TRUEMONEY menutup sendiri Akun Dormant mereka.

5. Ketentuan terbaru mengenai Akun Dormant ini diberitahukan pada tanggal 16 Agustus 2023 dan mulai berlaku dalam waktu lima belas hari  ke depan, yaitu pada tanggal 1 September 2023. 

 

VIII. Penarikan (Withdrawal)

  1. Hanya Pengguna Terdaftar (KYC) yang dapat melakukan Penarikan (withdrawal) saldo yang ada pada Aplikasi TRUEMONEY. Penarikan saldo hanya dapat dilakukan melalui Kanal Mitra TRUEMONEY. Biaya untuk Penarikan ini dapat berbeda sesuai dengan kebijakan masing-masing Kanal Mitra.
  2. Di setiap Penarikan saldo yang dilakukan, TRUEMONEY INDONESIA berhak untuk mengungkapkan nama lengkap atau Identitas Pengguna sebagai Pengguna terdaftar kepada mitra. Apabila terjadi ketidaksesuaian identitas pengguna, TRUEMONEY INDONESIA tidak bertanggungjawab atas perbedaaan identitas tersebut serta berhak menolak setiap transaksi Penarikan saldo yang terindikasi mencurigakan sampai memperoleh kebenaran identitas Pengguna yang sah.
  3. TRUEMONEY INDONESIA tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan atas transaksi Penarikan saldo. Pengguna sepenuhnya memahami dan bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan setiap detil informasi penarikan saldo.
  4. Setiap gangguan ataupun kerugian yang mungkin timbul terkait Penarikan karena kegagalan sistem dalam ekosistem Layanan TRUEMONEY INDONESIA atau Mitra termasuk pihak ketiga lainnya yang bekerjasama, tidak akan menjadi tanggungjawab dari TRUEMONEY INDONESIA sepenuhnya. Selanjutnya, apabila ada keluhan dari Pengguna yang disampaikan kepada TRUEMONEY INDONESIA, maka TRUEMONEY INDONESIA akan membantu untuk menyelesaikan kendala ini bersama-sama dengan mitra termasuk juga dengan pihak ketiga lainnya yang terkait dalam proses Penarikan agar dapat ditindaklanjuti segera. TRUEMONEY tidak bertanggung jawab atas kendala teknis/gangguan system yang terjadi yang berada diluar kendali TRUEMONEY INDONESIA (force majeure)

 

 

IX.  PENOLAKAN TRANSAKSI

Kami dapat menolak dilakukannya Transaksi oleh Anda, jika sistem kami mendapatkan pola transaksi yang mencurigakan, adanya pelanggaran sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan dan/atau perbedaan data identitas anda yang kami miliki, serta apabila tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Kami (Keadaan Kahar), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan dan kontrol Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui akun TRUEMONEY INDONESIA baik sebagian maupun seluruhnya karena Keadaan Kahar.

 

X.  HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

    Grafik, logo, foto, gambar, nama, kata, huruf, angka, teks, pengaturan warna dan kombinasi elemen dari setiap hak kekayaan intelektual yang tersedia melalui TRUEMONEY App Services dimiliki oleh TRUEMONEY INDONESIA atau pemasok atau Pedagangnya. Merek dagang tersebut tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang tidak terkait dengan Produk dan Layanan dengan cara apa pun yang dapat menyebabkan kebingungan di antara Pengguna Aplikasi TRUEMONEY atau membahayakan TRUEMONEY INDONESIA atau pemasok atau Pedagangnya. Para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY dilarang meniru, mereproduksi, atau menggunakannya untuk keuntungan dan dengan cara apa pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari TRUEMONEY INDONESIA atau pemasok atau Pedagangnya.

 

XI.  KEBIJAKAN PRIVASI

    Harap mengacu ke Tambahan A tentang Kebijakan Privasi tentang bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan atau mengungkapkan Data Pribadi Anda dan praktik perlindungan data kami.

 

XII. KETIDAKABSAHAN

Jika ada bagian dari Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan karena hukum dan peraturan yang berlaku, maka para Pengguna setuju bahwa ketidakabsahan tersebut tidak akan mempengaruhi semua bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini. Kami akan berusaha untuk mengganti ketentuan tersebut menjadi sah dan tidak melanggar ketentuan hukum lainnya sehingga dapat mencerminkan tujuan yang sama dari ketentuan masing-masing.

 

XIII. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Dengan menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, Pengguna setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini dan bahwa interpretasinya akan tunduk pada ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia. Setiap tindakan hukum atau perselisihan yang mungkin timbul sehubungan dengan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, harus diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau tanpa mengurangi hak TRUEMONEY INDONESIA untuk mengajukan klaim ke pengadilan negeri kompeten lainnya di Indonesia.

 

XIV. LAIN-LAIN

  1. Setiap Pengguna dapat menghubungi Layanan Pelanggan TRUEMONEY INDONESIA melalui telepon atau alamat e-mail sebagaimana tercantum dalam menu 'Kontak' pada Aplikasi TRUEMONEY; jika ada pertanyaan, keluhan atau masalah yang berkaitan dengan Transaksi dan kesulitan dalam mengakses Layanan Aplikasi TRUEMONEY. Keluhan pelanggan akan diselesaikan dalam maksimal 14 (empat belas) hari kerja. Layanan Pelanggan TRUEMONEY INDONESIA akan mengkonfirmasi kepada masing-masing Pengguna status keluhan jika keluhan tersebut telah diselesaikan atau menginformasikan kepada Pengguna yang relevan jika penyelesaian akan membutuhkan lebih dari 14 hari kerja karena memerlukan penyelidikan lebih lanjut.
  2. Kami berhak untuk membuat perubahan pada situs-situs, kebijakan, ketentuan Layanan ini, dan Syarat dan Ketentuan ini setiap saat setelah disampaikan kepada Pengguna di media yang kami sediakan. Semua perubahan, penambahan, penghapusan, modifikasi dan lainnya yang kami lakukan sehubungan dengan Layanan tersebut akan secara otomatis berlaku dalam 1x24 jam setelah mereka diunduh dan diumumkan pada Aplikasi TRUEMONEY. Para Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan mencari setiap pemberitahuan yang kami sampaikan kepada media TRUEMONEY INDONESIA. Oleh karena itu, para Pengguna dengan ini setuju untuk terikat pada setiap perubahan yang kami buat pada situs-situs, kebijakan, ketentuan Layanan ini, dan Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Kami menyatakan bahwa Pedagang adalah kontraktor independen yang tidak terkait dengan TRUEMONEY INDONESIA atau anak perusahaan, karyawan, manajemen, atau pihak terafiliasi kami lainnya.
  4. Para Pengguna setuju bahwa TRUEMONEY INDONESIA dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk keperluan analisis data internal jika diperlukan.

 

Penggunaan Anda atas akun TRUEMONEY INDONESIA dan/atau Layanan TRUEMONEY INDONESIA merupakan persetujuan Anda untuk tunduk kepada (i) Ketentuan ini; (ii) Syarat dan Ketentuan Umum untujk penggunaan Aplikasi TRUEMONEY; (iii) Syarat dan Ketentuan khusus yang berlaku untuk setiap Layanan atau promosi atau kampanye pemasaran yang tersedia di Aplikasi, atau media sosial TRUEMONEY INDONESIA; (iv) kebijakan privasi; dan (v) peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

 

 

 

 

 

TAMBAHAN A – Kebijakan Privasi

 

Kebijakan Privasi ini berlaku bagi Layanan yang diberikan dan menetapkan bagaimana kami dapat mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan “Data Pribadi”, “informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi” Pengguna atau informasi pribadi lainnya (secara bersama-sama, “Data Pribadi”) sehubungand engan akses dan penggunaan Pengguna pada Aplikasi TRUEMONEY.

Sebagaimana dijelaskan lebih lengkap dalam Syarat dan Ketentuan untuk TRUEMONEY INDONESIA (“Syarat dan Ketentuan”), Aplikasi TRUEMONEY adalah aplikasi layanan terintegrasi yang dirancang oleh TRUEMONEY INDONESIA untuk para pengguna. Aplikasi TRUEMONEY menyediakan gerbang bagi Pengguna terdaftar Aplikasi TRUEMONEY untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, termasuk mengakses informasi atau promosi, dan melakukan pembayaran.

Aplikasi TRUEMONEY diberikan secara gratis bagi para pengguna terdaftar. TRUEMONEY INDONESIA adalah lembaga non-bank yang telah memperoleh izin untuk melakukan fasilitas nilai tersimpan di bawah pengawasan Bank Indonesia sebagai yang berwenang. Untuk penjelasan lebih rinci tentang Kebijakan Privasi ini mengenai TRUEMONEY INDONESIA, silakan baca bagian terkait di Aplikasi TRUEMONEY.

Dari waktu ke waktu, perlu bagi para Pengguna untuk memberikan Data Pribadi kepada kami sehubungan dengan akses Pengguna ke dan penggunaan Aplikasi TRUEMONEY. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan atau dengan terus mengakses atau menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, para Pengguna akan dianggap telah menyetujui dan diberitahu tentang ketentuan Kebijakan Privasi ini tentang pengumpulan, penggunaan, proses, penyimpanan, transfer, dan pengungkapan. Data Pribadi Pengguna sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

Jika seorang Pengguna tidak memberikan Data Pribadi tersebut kepada kami, kami akan tetap tidak dapat memberikan Layanan penuh kepada Pengguna tersebut dalam Aplikasi TRUEMONEY atau untuk mematuhi hukum atau pedoman yang dikeluarkan oleh badan pengatur atau pihak berwenang terkait.

Dalam Kebijakan Privasi ini, kata “termasuk” tidak akan terbatas.

 

 

 

  1. PENGUMPULAN DATA PRIBADI

Kami dapat memperoleh Data Pribadi Pengguna dari berbagai sumber (misalnya dari Pengguna atau melalui pihak ketiga), termasuk:

  1. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) mengenai perangkat mobile Pengguna atau perangkat keras lain yang digunakan untuk mengakses Aplikasi TRUEMONEY (termasuk alamat IP Pengguna, lokasi geografis, jenis dan versi browser/platform, penyedia layanan internet, sistem operasi, sumber rujukan/keluar dari halaman, lamanya kunjungan/penggunaan, tampilan halaman dan istilah pencarian apa pun yang digunakan oleh Pengguna) (“Informasi Perangkat”).
  2. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna mendaftar untuk akun TRUEMONEY INDONESIA sebagai pengguna Aplikasi TRUEMONEY, termasuk nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email Pengguna (“Informasi Pendaftaran”).
  3. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) selama penggunaan akun TRUEMONEY INDONESIA, termasuk nomor rekening bank, informasi tagihan dan pengiriman, data transaksi, dan informasi lainnya dari cek atau perintah pembayaran Pengguna (“Informasi Akun”).
  4. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna memanfaatkan akun virtual yang disediakan oleh TRUEMONEY INDONESIA untuk menerima uang elektronik dan/atau pembayaran dompet elektronik dari pembayar, apakah Anda adalah penyedia layanan atau Pedagang, TRUEMONEY INDONESIA dapat mengumpulkan informasi tertentu yang terkait dengan pemanfaatan Anda termasuk tetapi tidak terbatas pada layanan dan/atau barang yang ditransaksikan, jumlah yang Anda kumpulkan dari setiap transaksi, rincian akun penarikan atau penyelesaian dan riwayat penarikan atau penyelesaian.
  5. TRUEMONEY INDONESIA juga dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra kami, dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada kami, melakukan fungsi atas nama kami, atau yang bekerja sama dengan kami). Dalam hal tersebut, kami hanya akan mengumpulkan Data Pribadi Anda untuk atau sehubungan dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kolaborasi kami dengan pihak ketiga tersebut (tergantung kasusnya).
  6. Informasi Perangkat, Informasi Pendaftaran, dan Informasi Akun di atas atau informasi lain dapat diakses atau dikumpulkan (secara otomatis atau manual) pada saat pendaftaran Pengguna dengan akun TRUEMONEY sebagai pengguna Aplikasi TRUEMONEY dan/atau selama Pengguna menggunakan Aplikasi TRUEMONEY dan akun TRUEMONEY INDONESIA. Informasi di atas yang kami peroleh dapat merupakan Data Pribadi Pengguna. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kami tidak mengumpulkan informasi lebih (apakah informasi tersebut merupakan Data Pribadi atau tidak) dari Pengguna selain dari yang kami perlukan untuk menyediakan Layanan kami kepada Pengguna, untuk melakukan fungsi yang ditetapkan dalam Bagian B dari Kebijakan Privasi ini, untuk melindungi akun Pengguna TRUEMONEY INDONESIA, mematuhi kewajiban hukum kami, melindungi hak hukum kami, dan untuk menjalankan bisnis kami.

 

 

B. PENGGUNAAN DATA PRIBADI

Kami akan menggunakan Data Pribadi yang kami dapatkan mengenai Pengguna untuk tujuan berikut ini:

  1. Memverifikasi kelayakan Pengguna untuk menggunakan salah satu fitur dan fungsi Aplikasi TRUEMONEY.
  2. Memproses pendaftaran Pengguna dengan akun TRUEMONEY INDONESIA sebagai Pengguna Aplikasi TRUEMONEY, memelihara dan mengelola pendaftaran Pengguna.
  3. Memberi Layanan dan Layanan pelanggan terkait kepada Pengguna mengenai penggunaan akun TRUEMONEY Pengguna, termasuk, bekerja sama dengan TRUEMONEY INDONESIA untuk memfasilitasi penyelesaian harga pembelian barang dan jasa, pengiriman, dan layanan terkait untuk pembelian, pengembalian biaya, pengiriman pemberitahuan tentang transaksi Pengguna, dan menanggapi pertanyaan, umpan balik, klaim, atau perselisihan Pengguna.
  4. Memberikan Layanan dan layanan pelanggan terkait kepada Pengguna mengenai penggunaan Aplikasi TRUEMONEY, yaitu untuk memberikan kemudahan bagi Pengguna dalam mengidentifikasi Pengguna Aplikasi TRUEMONEY lainnya ketika Pengguna sedang memeriksa buku kontak ponselnya melalui Aplikasi TRUEMONEY.
  5. Meningkatkan dan memperluas penawaran kami dengan cara meneliti dan mengembangkan fungsi-fungsi baru dari Aplikasi TRUEMONEY atau produk dan layanan baru lainnya yang dapat kami tawarkan dari waktu ke waktu.
  6. Melakukan penelitian, analisis statistik atau survei, baik secara lisan atau tertulis, untuk mengelola dan melindungi bisnis kami termasuk infrastruktur teknologi informasi kami, untuk mengukur kinerja Aplikasi TRUEMONEY dan Layanan lain yang kami tawarkan dan untuk memastikan kepuasan Pengguna dengan Layanan kami.
  7. Menganalisis tren, penggunaan, dan perilaku lain (baik secara individual atau agregat), yang membantu kami lebih memahami bagaimana Pengguna dan basis Pengguna kolektif kami mengakses dan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY dan kegiatan komersial mendasar yang dilakukan, termasuk untuk tujuan meningkatkan Layanan kami dan menanggapi pertanyaan dan preferensi pelanggan.
  8. Karena telah mendapatkan persetujuan Pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku dan sebagaimana dimaksud dalam bagian D di bawah ini, kami dapat memberikan informasi pemasaran langsung kepada Pengguna terkait dengan layanan yang ditawarkan oleh kami dan afiliasi kami dan pihak ketiga yang dipilih dengan menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk menghubungi Pengguna, termasuk melalui telepon, teks (SMS), email, dan pos.
  9. Mengelola risiko, melakukan pemeriksaan kelayakan kredit dan kemampuan, atau menilai, mendeteksi, menginvestigasi, mencegah dan/atau menyelesaikan kecurangan atau kegiatan lain yang berpotensi dilarang atau ilegal dan sebaliknya melindungi integritas platform teknologi informasi kami.
  10. Mendeteksi, menyelidiki, mencegah atau memulihkan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan, setiap kebijakan Aplikasi TRUEMONEY internal yang berlaku, standar industri, pedoman, undang-undang atau peraturan yang relevan.
  11. Membuat pengungkapan seperti yang diperlukan oleh hukum atau peraturan negara mana pun yang berlaku bagi kami atau afiliasi kami, pejabat pemerintah, atau pihak ketiga, termasuk setiap asosiasi kartu atau jaringan pembayaran lainnya. Pengungkapan juga dapat dilakukan sesuai dengan panggilan (subpoena), perintah pengadilan atau proses atau persyaratan hukum lainnya di negara mana pun yang berlaku bagi kami atau afiliasi kami (termasuk persyaratan pelaporan pencucian uang dan anti-terorisme).
  12. Membuat pengungkapan apa pun untuk mencegah bahaya atau kerugian finansial, untuk melaporkan dugaan adanya aktivitas ilegal atau untuk menangani klaim atau potensi klaim yang diajukan terhadap kami atau afiliasi kami.
  13. Setiap tujuan bisnis lain yang sah, seperti melindungi Pengguna dari kerugian, melindungi nyawa, menjaga keamanan sistem dan produk kami, dan melindungi hak dan/atau properti kami yang lain.

Kami juga dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna dengan cara lain yang untuk hal tersebut kami berikan pemberitahuan spesifik pada saat pengumpulan atau yang untuk hal tersebut selanjutnya telah disetujui oleh Pengguna.

C. PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI

Data Pribadi Pengguna yang kami miliki akan dirahasiakan namun kami dapat memberikan informasi tersebut kepada para pihak berikut ini (dalam negeri atau luar negeri) untuk tujuan yang ditentukan dalam B.1 hingga B.3 di atas:

  1. Akun TRUEMONEY INDONESIA dan Layanan TRUEMONEY lainnya yang dimiliki sepenuhnya atau sebagian perusahaan grup.
  2. Setiap agen, kontraktor, atau penyedia layanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami dalam menyediakan Layanan kepada Pengguna, termasuk untuk pencegahan penipuan, pengumpulan tagihan, entri data, manajemen basis data, promosi, pemasaran, layanan pelanggan, layanan teknologi, peringatan produk dan layanan, dan layanan perpanjangan pembayaran.
  3. Entitas yang dengannya kami menjaga rujukan bisnis atau pengaturan komersial lainnya, termasuk pihak terafiliasi, pihak ketiga atau entitas yang terlibat secara komersial dengan TRUEMONEY Indonesia.
  4. Pedagang dan organisasi lain, seperti jaringan pembayaran atau lembaga keuangan, yang padanya atau melaluinya pembayaran ini dilakukan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, atau entitas lain yang memungkinkan penggunaan Aplikasi TRUEMONEY.
  5. Lembaga keuangan pihak ketiga, bank, agen penagihan, dan agen kredit.
  6. Penyedia layanan pemasaran pihak ketiga.
  7. Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah, dan otoritas pengatur atau lembaga lain yang padanya TRUEMONEY INDONESIA berkewajiban untuk melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum, peraturan, atau pengaturan komersial apa pun yang berlaku, termasuk pengaturan dengan asosiasi kartu atau jaringan pembayaran apa pun.
  8. Entitas yang terlibat dalam setiap penggabungan, akuisisi, transaksi pembiayaan, atau usaha patungan bersama kami

 

D. PEMASARAN LANGSUNG

Sebagaimana ditetapkan pada B.7, TRUEMONEY INDONESIA mungkin ingin menggunakan Data Pribadi Pengguna dalam kegiatan pemasaran langsung dan, di masa depan, akan mendapatkan persetujuan Pengguna sehubungan dengan ruang lingkup dan cara yang dimaksud untuk kegiatan pemasaran langsung tersebut. Di mana Pengguna memberikan persetujuan selanjutnya, maka harap dicatat bahwa:

  1. Data Pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam pemasaran dan promosi langsung.
  2. Kami dapat menawarkan promosi barang dan layanan kepada Pengguna yang dianggap relevan bagi Pengguna yang untuknya persetujuan Pengguna selanjutnya akan diperoleh secara khusus. Ini mungkin termasuk barang dan Layanan yang kami, afiliasi kami, mitra bisnis kami atau pihak ketiga terpilih tawarkan, termasuk setiap pembayaran dan produk keuangan.
  3. Kami dapat memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan oleh mereka dalam memasarkan barang dan Layanan mereka sendiri, termasuk (i) afiliasi kami, (ii) mitra bisnis dan (iii) pihak ketiga lainnya.
  4. Persetujuan pengguna untuk penggunaan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan pemasaran langsung akan diminta dengan cara mencentang kotak “ikut” atau indikasi positif lainnya untuk tidak berkeberatan.
  5. Jika pada suatu waktu Pengguna tidak ingin kami terus menggunakan atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada orang lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung seperti yang dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang relevan, maka Pengguna dapat menggunakan hak "berhenti" Pengguna dengan memberi tahu kami.E. LANGKAH KEAMANAN DAN RETENSI

Kami mengambil semua langkah wajar, termasuk perlindungan teknis, administratif, dan fisik untuk membantu melindungi Data Pribadi Pengguna yang kami proses, dari kehilangan, penyalahgunaan, dan akses tidak sah, pengungkapan, perubahan, dan perusakan.

Kami akan menyimpan dan mengusahakan penyedia Layanan kami untuk menyimpan Data Pribadi Pengguna hanya selama diperlukan untuk tujuan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan Kebijakan Privasi dan semua persyaratan peraturan yang berlaku.

Untuk para pengguna terdaftar akun TRUEMONEY, Informasi Pendaftaran dan Informasi Akun Pengguna (jika ada) dapat dilihat dan diedit dalam Aplikasi TRUEMONEY melalui akun Pengguna TRUEMONEY INDONESIA, yang dilindungi dengan kata sandi atau kode PIN. Kami sarankan agar Pengguna tidak mengungkapkan kata sandi atau kode PIN kepada siapa pun. Personel kami tidak akan pernah meminta kata sandi kepada setiap dalam panggilan telepon yang tidak diminta atau dalam email yang tidak diminta. Pengguna tidak boleh menyimpan informasi loginnya (mis., ID dan kata sandi pengguna) di komputer bersama atau publik.

 

F. PERUBAHAN PADA KEBIJAKAN PRIVASI INI

TRUEMONEY INDONESIA berhak untuk meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa kebijakan ini konsisten dengan perkembangan masa depan kami, dan/atau perubahan dalam persyaratan hukum atau peraturan. Jika kami memutuskan untuk mengubah Kebijakan Privasi ini, kami akan memberi tahu Anda tentang perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada Aplikasi atau ke alamat email Anda yang tercantum dalam akun Anda. Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara teratur untuk informasi terbaru tentang pemrosesan data dan praktik perlindungan data kami, dan bahwa keberlanjutan penggunaan Anda atas Aplikasi atau komunikasi dengan kami, atau akses ke dan penggunaan Layanan setelah setiap perubahan pada Kebijakan Privasi ini akan merupakan penerimaan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan semua perubahannya

 

G. LAIN-LAIN

  1. Kebijakan Privasi ini tunduk, diatur, dan diterapkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.
  2. Setiap tindakan hukum atau perselisihan yang mungkin timbul sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini, harus diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau tanpa mengurangi hak TRUEMONEY INDONESIA untuk mengajukan klaim ke pengadilan negeri kompeten lainnya di Indonesia.         

 

H. PERNYATAAN

Dengan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, para Pengguna menyatakan bahwa para Pengguna telah membaca dan mengerti Kebijakan Privasi ini dan menyetujui penggunaan, pemrosesan, dan transfer Data Pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

  1. INFORMASI LEBIH LANJUT

Sesuai dengan hak Pengguna berdasarkan Kebijakan Privasi ini untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna atau “opt-out” atau jika Pengguna ingin mengajukan pertanyaan atau complain, harap menghubungi Layanan Pelanggan

di bawah ini:

PT. Witami Tunai Mandiri

Millenium Centennial Center, Lantai 36

Jl. Jend Sudirman Kav 25, Kuningan-Setiabudi, Jakarta Selatan,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta

12920

Contact Center: 0804-1000-100

Email: info@truemoney.co.id

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini